Cara memegang roda kemudi: Beberapa hal ini sangat diremehkan oleh Pemula

Cara memegang roda kemudi bagi pemula seringkali asal asalan  apalagi pemula yang baru belajar mengendarai mobil. Tak heran ketika membelokkan roda kemudi tangan pemula akan berbenturan (menyilang) antara tangan kanan dan kiri. Tentunya hal ini sangat membahayakan apalagi di jalan raya yang posisi posisi jalannya turun naik dan berbelok belok.
(Baca juga : Ternyata Posisi Duduk Pengemudi tidak Boleh Asal - asalan )

(Baca juga:Harga Mobil Honda CR-V )

Berikut adalah teknik yang benar dalam mengemudi untuk memudahkan pemula dalam memegang roda kemudi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan:

Cara memegang roda kemudi
  • Kedua tangan memegang roda pada posisi tangan kiri di jam 10 dan posisi tangan kanan di jam 2. Ingat jangan terlalu mencengkeram roda kemudi tapi pegang kendali roda kemudi dengan santai tapi kuat. Hal ini dikarenakan ketika membelokkan mobil, anda bisa melakukan secara bertahap sesuai dengan belokan yang dilewati. Kalau belok kanan maka kendali tangan kanan yang membelokkan roda kemudi, begitu juga sebaliknya.  Dengan cara demikian tangan tidak akan berbenturan (menyilang) antara tangan kanan dan kiri.

  • Di saat mobil sedang melaju, stir kendaraan harus tetap dipegang supaya mobil berjalan dengan kendali kita, walaupun roda kemudi dapat kembali lurus sendiri secara otomatis setelah mobil belok, apalagi kondisi jalan sedang licin atau dalam keaadaan menurun.
  • Awas sangat berbahaya memegang roda kemudi dengan hanya satu tangan karena ketika kebiasaan kita kalau sedang terkejut akan melepaskan apapun yang kita pegang,apalagi hanya satu tangan.

Nah, jangan sampai salah ya dalam memegang roda kemudi. Teknik  yang asal asalan sangat berbahaya. Sayangi diri anda dan penumpang. 

Semoga artikel dia tas bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Video Cara Memegang Roda Kemudi

0 komentar